Harahap, Ummi Kalsum (2021) Perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing dan strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada pokok bahasan penyajian data di kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
17 202 00077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun pada materi penyajian data. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya guru dalam menggunakan atau memanfaatkan strategi pembelajaran dengan baik pada saat proses pembelajaran. Maka dari itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan guru agar mampu meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (2) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (3) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada pokok bahasan penyajian data di kelas VII Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Barumun yang berjumlah 88 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 23 siswa dan kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 23 siswa. Penentuan sampel ditentukan dengan sample random sampling. Istrumen penelitian ini adalah tes berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan nilai rata-rata 78,26 (2) Hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dengan rata-rata 70,43 (3) Terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada pokok bahasan penyajian data di kelas VII Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun. Hal ini sesuai dengan perhitungan uji t yaitu diperoleh pada taraf signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Matematika; Strategi pembelajaran; Active knowledge sharing; Everyone is a teacher here; Penyajian data |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:47 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7280 |
Actions (login required)
View Item |