Hsb, Wilda Aposma (2021) Penerapan pembelajaran model snowball throwing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Parigi Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi dongeng. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran faktanya sebagian siswa masih ada yang mengantuk, ribut, dan bermain-main ketika proses pembelajaran berlangsung. Penyebabnya yaitu kekurangaktifan siswa dalam pemilihan metode pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri Parigi Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara? Tujuan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi dongeng dengan menerapkan model Snowball Throwing sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini menggunakan penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Tindakan penelitian ini menerapkan model snowball throwing. Adapun instrumen penelitian ini mengunakan observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh peningkatan sebagai berikut : Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas 4, dengan nilai rata-rata 67,22 dengan persentase ketuntasan 22,22%. Pada siklus I, pertemuan ke-1, jumlah yang tuntas 6 siswa dengan persentase ketuntasan 33,33% dengan nilai rata-rata 68,61. Kemudian siklus I, pertemuan ke-2, dengan nilai rata-rata 71,94. Setelah dilaksanakan tindakan meningkat menjadi 8 siswa dengan persentase ketuntasan 44,44% setelah dilakukan siklus II, pertemuan ke-1, jumlah yang tuntas semakin meningkat yaitu 9 siswa dengan persentase ketuntasan bertambah 50% dengan nilai rata-rata 73,61 sedangkan pertemuan ke-2 semakin meningkat lagi yaitu 16 siswa dengan persentase ketuntasan 88%. dengan nilai rata-rata 80. Hal ini menunjukkan jumlah yang tuntas telah melebihi target yaitu 80% Hal tersebut sesuai dengan pencapaian ketuntasan siswa 75% maka penelitian ini dihentikan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 100280 parigi. Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar dan Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Snowball throwing; Dongeng |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 02:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7203 |
Actions (login required)
View Item |