Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill ) dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti Revisi 2017 kelas VII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Endayana, Bestari (2021) Analisis instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill ) dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti Revisi 2017 kelas VII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1923100304.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan identifikasi soal dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa jumlah soal keseluruhan sebanyak 260 soal. Jumlah soal pilihan berganda ada sebanyak 130 soal dan jumlah soal uraian sebanyak 130 soal. Instrumen penilaian yang terindikasi dalam HOTS (Higher Order Thinking Skill) soal pilihan berganda sebanyak 0 soal, sedangkan soal uraian sebanyak 0 soal. Maka pentinglah penelitian ini dilakukan untuk meihat sejuh mana instrumen penilaian sol dalam buku siswa pendidikan agma Islam dan budi peketi revisi 2017 kelas VII Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis instrumen penilaian berbasis HOTS dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (Library Reseach), dengan teknik pengumpulan data melalui dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data primer penelitian ini adalah Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan instrumen penilaian HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilihat dari level kognitif menunjukkan bahwa buku tersebut belum memenuhi level kognitif instrumen penilaian berbasis HOTS. Terdapat 130 soal pilihan berganda dan 130 soal uraian dalam buku tersebut, yang termasuk instrumen penilaian berbasis HOTS level kognif C4 (menganalisis) bentuk soal pilihan ganda dan uraian sebanyak 0 %, soal C5 bentuk soal pilihan ganda dan uraian sebanyak 0%, dan soal C6 (menciptakan) bentuk soal pilihan ganda dan uraian 0%. Dengan demikian, soal dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Revisi 2017 Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak masuk termasuk dalam level HOTS.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Analisis instrumen penilaian HOTS; Buku siswa PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:26
Last Modified: 05 Nov 2021 08:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item View Item