Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran tematik kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara

Harahap, Fawziah (2021) Problematika pembelajaran tematik kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara Merupakan problematikapembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik ada beberapa kesulitan guru pada penerapan pembelajaran tematik tersebut yaitu: persipan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik, penilaian pembelajaran tematik, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, latar belakang pendidikan guru masih rendah, keterbatasan pengetahuan guru mengenai penerapan model pembelajaran tematik, keterbatasan penggunaan model dan media pembelajaran, dan sulitnya mengubah cara mengajar guru. Rumusan masalahpenelitian ini adalah apa saja problematika dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 (MIN) Padang Lawas Utara dan bagaimana solusi untuk mengatasi problematika tematik kurikulum 2013 di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 (MIN) Padang Lawas Utara, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran tematik kurikulum 2013 di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara dan untuk mengetahui solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik kurikulum 2013 di kelas IV Madrasah ibtidaiyah negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara. Metode Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sumber data pokoknya berasal dari wali kelas IV, kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV dan sumber data skunder berasal dari data pelengkap dalam penelitian ini seperti data Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara,skripsi, jurnal. sedangkan instument pengumpulan data yang peneliti gunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data digunakan dalam penelitain ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menjamin keabsahan data digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problematika pembelajaran tematik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara yaitu terkait masalah persiapan dan penilaian saja : guru melakukan copy paste RPP, sebagian guru sulit untuk memadukan pelajaran dalam pembelajaran yang terkait dengan metode yang tepat, guru sangat kesulitan untuk menentukan media dari setiap tema yang telah ditentukan serta sarana dan prasarana tidak memadai dalam proses pembelajaran,persiapan pembelajaran tematik yang guru persiapkan adalah guru menentukan tema dan menyusun jejaring tema, menyusun silabus dan menyusun RPP. Selain pada masalah persiapan, proses penilaian juga dirasa sulit juga oleh para guru tematik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas Utara terutama wali kelas IV, jadi selama penilaian pembelajaran tematik para guru melakukan proses penilaian tidak pertema, melainkan permata pelajaran. Adapun masalah dalam proses pelaksanaan meliputi: a. guru kesulitan memberikan pemahaman secara terpadu pada siswa karena kemampuan Sumber Daya Manusia siswa masih bisa dibilang persial atau dangkal dengan minimnya pengalaman belajar, b. guru tidak profesional artinya masih banyak guru yang mengajar bukan pada bidang yang ditekuninya, c. guru kesulitan menyatukan mata pelajaran, d. guru kesulitan dalam membuat soal dengan keterpaduan mata pelajaran, e. tidak tersedianya sarana belajar yang memadai, f. Siswa kurang bisa memahami pembelajaran tematik. Pelaksanaan pembelajaran tematik dilakukan dengan tiga tahap pembelajaran yaitu: kegiatan pendahuluan, inti, dan akhir dalam setiap proses belajar mengajar di kelas. Solusi yang ditempuh dalam menghadapi problematka pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Padang Lawas yang telah dilakukan kepala sekolah dan para guru pembelajaran tematik terutama wali kelas IV adalah dengan cara meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), mengikuti diklat yang diadakan satu semester sekali serta mengdatangkan instruktur dari luar yang ahli dalam bidang pembelajaran tematik , sharing antar sesama guru, dan diadakan Kelompok Kerja Guru (KKG).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Problematika; Pembelajaran tematik; Kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Nov 2021 08:40
Last Modified: 04 Nov 2021 08:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item