Hasibuan, Najamuddin (2021) Penerapan reward dan punisment dalam peningkatan pengamalan shalat berjama’ah santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1823100246.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengamalan santri dalam melaksanakan sholat berjama’ah di masjid, sehingga dibutuhkan suatu alat pendidikan yang dapat menyadarkan santri dalam kegiatan tersebut. Alat pendidikan yang efektif digunakan adalah dengan menerapkan metode reward dan punishment. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana penerapan reward dan punishment kepada Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hakimiyah Kabupaten Padang Lawas dalam melaksanakan sholat berjama’ah, dan pelaksanaan sholat berjama’ah Santri Madrasah Aliyah setelah dilakukan reward dan punishment di Pondok Pesantren Al-Hakimiyah Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yaitu penelitian yang melibatkan pihak-pihak yang terkait dalam mengkaji kejadian atau persoalan yang sedang berlangsung dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang teridi dari Pembina asrama, dan santri aliyah. Sedangkan sumber data sekunder adalah Pimpinan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dan Masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Al-Hakimiyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumen asrama Pondok Pesantren Al-Hakimiyah. Hasil penelitian ini ialah Metode reward yang diterapkan di pesantren Al-Hakimiyah berupa bentuk ungkapan senang kepada santri yang melaksanakan sholat berjama’ah, Sedangkan metode punishment yang diterapkan di pesantren Al-Hakimiyah dalam pelaksanaan sholat berjama’ah santri Madrasah Aliyah ialah bentuk seruan ataupun teguran beserta nasehat-nasehat tentang pentingnya sholat berjama’ah di Masjid. Metode reward dan punishment efektif diterapkan pada pelaksanaan sholat berjama’ah santri aliyah di Pondok Pesantren Al-Hakimiyah. Hal ini dibuktikan pengamalan sholat berjama’ah santri Madrasah Aliyah mengalami peningkatan. Pada tindakan pertama 22,5%, pada tindakan kedua 32,5%, pada tindakan ketiga 52,5% dan pada tindakan keempat sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A and Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Reward and punishment; Shalat berjama'ah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:45 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7153 |
Actions (login required)
View Item |