Caniago, Anita Handayani (2021) Pola manajemen Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1823100236.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan Islam mestilah memiliki seorang kepala madrasah yang memiliki tanggung jawab yang besar terhadap proses pendidikan dalam mencapai tujuan dari pendidikan yang diharapkan.Tugas pokok dan fungsi kepala madrasah tidak cukup mengandalkan aksi-aksi praktis melainkan berbasis pada pengetahuan dibidang manajemen dan kepemimpinan dalam mengatur berjalannya proses pendidikan di madrasah. Pola manajemen kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah dalam peningkatan mutu pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan dalam pendidikan disebabkan kurangnya minat dan kesadaran masyarakat saat ini terhadap lembaga pendidikan Agama utamanya lembaga pendidikan yang masih berstatus nonformal, dan memiliki pola manajemen yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi kurangnya minat masyarakat terhadap Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyahlah di Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, bagaimana pola manajemen kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah dalam peningkatan mutu pendidikan Agama Islam di Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan tempat penelitian ini adalah penelitian lapangan, berdasarkan analisis data penelitian ini termasuk kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriftif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya dan kholistik sesuai dengan konteks penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, Pola manajemen kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah dalam peningkatan mutu pendidikan Agama Islam di Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan menggunakan pola yang beragam berupa pola manajemen otonomi dan pola manajemen partisipatif. Peningkatan mutu pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah di Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan dengan upaya dalam peningkatan mutu pendidikan berupa memenuhi input, proses dan output pendidikan berupa perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap proses pendidikan di Madrasah dilakukan dengan mengkolaborasikan antara kurikulum Departemen Agama Kota Padangsidimpuan dengan inisiatif madrasah masing-masing dengan usaha meningkatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung kegiatan belajar yang efektif dan efesien, kemudian dalam proses belajar mengajar menggunakan metode Al-barqi dan Iqro’dalam pencapaian baca tulis Al-qur’an terhadap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Mhd. Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A. |
Keywords: | Manajemen kepala madrasah; Peningkatan Mutu; PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 04:41 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 04:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7142 |
Actions (login required)
View Item |