Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP IT Darul Hasan Kota Padangsidimpuan

Daulay, Lengsi Herianti (2021) Implementasi ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP IT Darul Hasan Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1723100217.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Karakter menempati kedudukan yang penting dan memiliki fungsi yang urgen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karakter merupakan sifat kejiwaan seseorang,berbagai macam hal yang dapat membentuk nilai-nilai karakter. SMP IT Darul Hasan Kota Padangsidimpuan memiliki komitmen dan cita-cita untuk membentuk generasi yang berakhlakul karimah, untuk mewujudkan cita-cita tersebut sekolah menambah pembelajaran berupa kegiatan ektrakurikuler, untuk memebentuk karakter peserta didik. Dan kegiatan ekstrakurikuler memberikan pengaruh yang positif terhadap pemebentukan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiman karakter peserta didik SMP IT Darul Hasan? dan bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik SMP IT Darul Hasan kota Padangsidimpuan?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian ini adalah di SMP IT Darul Hasan kota Padangsidimpuan. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik, sedangkan data sekunder adalah dokumen yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kegiatan ektrakurikuler dalampembentukan karakter peserta didik di SMP IT Darul Hasan,yaitu kegiatan wajib. Kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa), kegiatan MAI (Mentoring Agama Islam),kegiatan Tahfidz Al-Quran, kegiatan shalat berjama’ah dan pramuka. Pembentukan nilai-nilai karakter sudah berjalan dengan baik, yaitu dengan indikasi kegiatan ekstrakurikuler sudah terprogram,dan di atur dengan waktu pelaksanaan dan di laksanakan dengan rutin dan dapat membentuk karakter, dengan menerapkan metode tauladan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode pemberian hadiah dan hukuman, sehingga dapat membentuk kerakter religius, disiplin, bertanggungjawab, berilmu, mandiri, dan sehat. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP IT Darul Hasan yaitu boarding school, sarana dan prasaran, kerjasama guru, keteladanan guru, dukungan yayasan dan dukungan orang tua, dan motivasi siswa. Dan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana, dan kurangnya dukungan orang tua, dan rendahnya motivasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Erawadi, M.Ag.
Keywords: Ekstrakurikuler; Pembentukan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:57
Last Modified: 04 Nov 2021 01:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7129

Actions (login required)

View Item View Item