Perdana, Wahyu (2021) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah tentang pentingnya kemampuan komunikasi matematis siswa dikuasai oleh semua siswa untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran Matematika. Dengan menguasai kemampuan komunikasi matematis siswa dapat lebih mudah dan memahami setiap materi pembelajaran Matematika. Dengan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa per indikatornya dan kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Tambangan dan kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah dengan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambangan yang berjumlah 24 siswa. dimana penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (pupossive sampling), kemudian instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara perhitungan menunjukkan bahwa yang berkemampuan tinggi ada 8.6%, yang berkemampuan sedang ada 16.3%, dan yang berkemampuan rendah ada 62.5%. Dengan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan masih lemahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam kemampuan komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linier dua variabel diantara siswa masih kesulitan dalam mengerjakan penyelesaian soal dan sulit memberikan alasan jawabannya. Siswa masih kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide kedalam jawabannya. Dalam setiap indikator, hambatan dan kendala yang dihadapi hampir sama yaitu tidak terbiasanya siswa melakukan banyak latihan soal pembelajaran matematika menyebabkan tidak tahunya rumus yang digunakan dalam pemecahan masalah khususnya pada materi sistem persamaan linier dua variabel dalam aspek kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Komunikasi matematis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 08:11 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 08:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7115 |
Actions (login required)
View Item |