A’dawiyah, Rabiatul (2021) Upaya orangtua dalam pembelajaran Al-Qur’an pada masa pandemi Covid-19 di Lingkungan VI Banjar Sehat Panyabungan II Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah upaya orangtua dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak di masa pandemi covid-19 sudah baik. Namun pada beberapa anak masih ada yang belum mampu dalam membaca Al-Qur‟an di tambah dengan situasi covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini, kesibukan orangtua dalam bekerja yang tidak mempunyai waktu luang untuk membimbing anak membaca Al-Qur‟an. Keluarga merupakan tempat pertama yang memberikan pendidikan bagi anak terkhususnya pendidikan Al-Qur‟an. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian upaya orangtua dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada mas covid-19. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kondisi masyarakat pada masa pandemi covid-19, bagaimana upaya orangtua dalam mengajarkan pembelajaran Al-Qur‟an pada masa pandemi covid-19 dan apa faktor hambatan dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi masyarakat pada masa pandemi covid-19, untuk mengetahui upaya orangtua dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak dimasa pandemi covid-19, untuk mengetahui faktor hambatan dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada anak di masa pandemi covid-19 di Lingkungan VI Banjar Sehat Panyabungan II Kecamatan Panyabungan Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penedekatan deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah orangtua yang memiliki anak usia 7-12 tahun sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik trianggulasi data, trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya orangtua dalam pembelajaran Al-Qur‟an pada masa covid-19 dikategorikan cukup baik, adapun upaya yang dilakukan orangtua adalah penanaman nilai untuk cinta Al-Qur‟an, mengajari anak secara langsung, mengajarkan sendiri di rumah, menggunakan media, memasukkan anak ke Taman Pendidikan Al-Qur‟an dan les privat. Faktor hambatan yang dialami orang tua yaitu anak yang malas, kesulitan membedakan huruf hijaiyah disebabkan persamaan ciri dan bentuk, tidak menyukai pembelajaran Al-Qur‟an dan pengaruh negatif media informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, S.Ag., M.A |
Keywords: | Al-Qur’an; Covid-19; Pembelajaran; Upaya |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7075 |
Actions (login required)
View Item |