Sihombing, Ramayanti (2021) Persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya nilai ujian siswa pada bidang studi matematika, kurangnya kemauan siswa dalam belajar matematika. Hal ini dilihat dari nilai mid semester siswa paling rendah pada bidang studi matematika. Maka perlu dilihat tanggapan atau pendapat siswa terhadap pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tehadap pembelajaran matematika, apa saja tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika dibagi menjadi tiga bagian yaitu tanggapan siswa bahwa pembelajaran matematika menyenangkan, tanggapan siswa bahwa pembelajaran matematika biasa saja dan tanggapan siswa bahwa pembelajaran matematika membosankan Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi pada seluruh siswa kelas VIII yang diambil berdasarkan nilai mid semester. Adapun subyek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan. Sumber data yang dibutuhkan diperolah dari informan utama dan sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi data, deskriptif data, penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Setelah dilakukan penelitian, maka disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika terdiri dari pembelajaran matematika menyenangkan, pembelajaran matematika biasa saja, pembelajaran matematika membosankan. Hasil penelitian terdapat 20% siswa yang beranggapan pembelajaran matematika menyenangkan, 27% yang bertanggapan pembelajaan matematika biasa saja, 53 % siswa yang bertanggapan pembelajaran matematika membosankan. Tanggapan bahwa pembelajaran matematika menyenangkan karena mudah dipahami, kemudian tanggapan bahwa siswa biasa saja karena selalu berbicara tentang rumus dan angka dan tanggapan bahwa matematika membosankan kerana selalu berkaitan dengan pembelajan lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Persepsi; Siswa; Pembelajaran; Matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 03:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7071 |
Actions (login required)
View Item |