Harahap, Ummi Aflah (2021) Analisis strategi bersaing untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada grosir “Bilang” di Kelurahan Huta Tonga Kec. Angkola Muaratais Kab.Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200213.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan perusahaan seperti pedagang grosir eceran atau yang kini popular disebut dengan pedagang ritel. Dengan banyaknya bermunculan perusahaan yang baru khususnya pada perusahaan pedagang grosir eceran. Hal ini berpengaruh terhadap penjualan oleh grosir “Bilang” yang strategi penjualannya terpaut jauh dari pesaingnya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi bersaing grosir “Bilang” dalam meningkatkan jumlah pelanggan dikelurahan Huta Tonga Kec. Angkola Muaratais Kab. Tapanuli Selatan? 2)Bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan grosir “Bilang” untuk meningkatkan jumlah pelanggan? 3) bagaimana harga produk yang ditawarkan di grosir “Bilang” dibandingkan dengan grosir yang lain?. Yang bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh grosir “Bilang” dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen strategi dengan menggunkan analisis SWOT. Perusahaan harus mampu memilih strategi yang tepat untuk menggambarkan bagaimana peluang dan ancaman yang dihdapi perusahaan. Oleh karena itu analisis SWOT merupakan salah satu strategi yang tepat dalam proses pengambilan keputuan sehingga tujuan perusahaan tercapai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dengan subjek penelitian yaitu pemilik grosir “Bilang” dan pelanggan. Yang menggunakan sumber data yaitu data primer dan data skunder. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menggunakan teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan menggunakan pengolahan data seperti reduksi data, editing, rekontruksi data, dan menarik kesimpulan. Dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh analisis SWOT yaitu Strategi SO Mempertahankan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan, dan meningkatkan kualitas produk. Strategi WO yaitu, lebih memperhatikan promosi melalui online, dan menyediakan jasa pengantaran barang. Strategi ST yaitu, meningkatkan kualitas produk yang bermutu dan pelayanan yang memuaskan, dan Strategi WT yaitu, meningkatkan strategi bersaing terutama dalam media sosial dan jasa pengantaran barang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Damri Batubara, M.A |
Keywords: | Grosir; Pelanggan; Strategi bersaing |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 03:05 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7070 |
Actions (login required)
View Item |