Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh inovasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (studi kasus PT. POS Indonesia KPC. Sipirok)

Siagian, Riana Sari (2021) Pengaruh inovasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (studi kasus PT. POS Indonesia KPC. Sipirok). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200243.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah inovasi, kualitas pelayanan, sebagai yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh inovasi, kualitas pelayanan, terhadap kepuasan konsumen PT. POS Indonesia KPC Sipirok. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh inovasi, kualitas pelayanan, terhadap kepuasan konsumen PT. Pos Indonesia KPC Sipirok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang inovasi, kualitas pelayanan, dan teori tentang kepuasan konsumen. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif analisis deskriptif. Jumlah sampel 67 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, analisis regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2 ). Untuk pengolahan datanya digunakan dengan software SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis, hasil uji t adalah t hitung > ttabel atau 3,308 > t tabel 1,669 dengan tingkat signifikan dibawah 0,1 yaitu 0,000. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara inovasi terhadap kepuasan konsumen PT. POS Indonesia KPC Sipirok. Hasil uji t dengan t hitung hitung 4,730 > t tabel 1,669 maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. POS Indonesia KPC Sipirok. Hasil uji F adalah F hitung > F tabel atau 66,688 > F tabel 2,36 artinya terdapat pengaruh antara inovasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. POS Indonesia KPC Sipirok. Uji koefisien determinasi diperoleh angka R Square sebesar 0,676 atau 67%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel sebesar 67% sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid, M.A. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Inovasi; Kepuasaan konsumen; Kualitas pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 06 Oct 2021 02:29
Last Modified: 25 Oct 2021 03:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7050

Actions (login required)

View Item View Item