Siregar, Nur Holila (2021) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di kelas X MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Menurunnya karakter siswa sekarang ini, yang diakibatkan dampak dari globalisasi menjadikan karakter siswa yang menurun seperti mencontek, ribut ketika guru menjelaskan, rendahnya sikap percaya diri, kurangnya rasa tanggung jawab atas tugas ynag diberikan guru, dan cenderung pasif sehingga menjadikan suatu perubahan baru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dalam hal ini pembelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas X MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan, 2. Apakah Hambatan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika, 3. Bagaimana Strategi Mengatasi Hambatan dalam Proses Pembelajaran Matematika., dan tujuan penelitian ini yaitu untuk 1. Mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika, 2. Mengetahui Hambatan Mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika., dan 3. Mengetahui Strategi Mengatasi Hambatan Mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas X MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data primernya ialah guru Matematika kelas X MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan Bapak Syarif Hidayat Matondang, M. Pd dan siswa kelas X MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan., teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dan pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah etnografi deskriptif Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Matematika siswa di kelas X MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan telah diterapkan dalam proses pembelajaran Matematika, ditemukannya beberapa hambatan adanya karakteristik siswa yang berbeda, kurangnya motivasi siswa, kurangnya sarana prasarana dan kurangnya kedisiplinan waktu. Sehingga strategi dalam mengatasi hambatan tersebut ialah membiasakan siswa dalam menerapkan nilai karakter, memberikan keteladan yang baik, memberikan teguran, membuat pengkondisian seperti adanya poster atau slogan yang menunjukkan nilai karakter serta melengkapi sarana prasaran yang dapat membangun nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Almira Amir, M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Pendidikan karakter; Proses pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 01:23 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7030 |
Actions (login required)
View Item |