Pribadi, Ananda Bagus (2021) Perbedaan hasil belajar matematika siswa alumni sekolah menengah pertama dengan madrasah tsanawiyah di kelas X Teknik Komunikasi Jaringan (TKJ) SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan latar belakang sekolah asal siswa di SMK Negeri 3 padangsidimpuan. Fakta yang terjadi di SMK Negeri 3 padangsidimpuan pada umumnya bahwa siswa alumni SMP lebih aktif dibandingkan siswa alumni MTs ketika mengikuti proses pembelajaran, tetapi jika dilihat dari nilai akhir siswa (raport) sebenarnya nilai Matematika dari kedua alumni tidak jauh berbeda secara signifikan, nilai dari alumni SMP lebih tinggi dibandingkan nilai dari alumni MTs. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa yang latar belakang sekolah SMP?, Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa yang latar belakang sekolah MTs?, Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang latar belakang sekolah antara SMP dengan MTs?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Hasil belajar matematika siswa yang latar belakang sekolah SMP, Hasil belajar matematika siswa yang latar belakang sekolah MTs, Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang latar belakang sekolah antara SMP dengan MTs. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian komparasi. Lokasi penelitian di laksanakan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ. Dengan penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Dengan jumlah populasi 96 siswa. Dan sampel berjumlah 37 siswa untuk alumni SMP dan 37 siswa untuk alumni MTs. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 21.0. untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t menggunakan uji Independent Sampel t Tes. Dari hasil pengujian uji normalitas dan homogenitas. data dari alumni SMP dan MTs berdistribusi normal dan homogen. Sehingga hasil belajar siswa alumni SMP lebih tinggi. dan hasil belajar siswa alumni MTs memiliki nilai lebih rendah. Dengan pengujian uji-t diperoleh nilai signifikan 0,079 yang berarti lebih besar dari 0.05 (⍺). Maka diterima dan Ha ditolak. Sehingga kesimpulan pada penelitian ini adalah “Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika siswa antara alumni SMP dan MTs” di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Perbedaan; Hasil belajar; Siswa; Alumni; SMP; MT |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 01:21 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7011 |
Actions (login required)
View Item |