Siregar, Annisa Fitriani (2021) Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 5 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya siswa dalam mengkomunikasikan matematika terutama pada materi statistika. Dimana siswa belum mampu dalam menggambarkan grafik, menafsirkan soal dan mengambil kesimpulan pada materi statistika. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena cara proses mengajar guru yang terlalu monoton dan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran matematika, sehingga kemampuan komunikasi Matematika siswa masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model Cooperative Script terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 5 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Script terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 5 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 44 siswa. Metode pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan teknik Convenience Sampling yaitu memilih yang kebetulan ada/mudah dijangkau. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS dan uji t. Hasil penelitian pre-test kelas kontrol cenderung memusat pada nilai rata�rata 61,63 dan pre-test kelas eksperiman 65,67. Sedangkan untuk nilai post-test pada kelas kontrol cenderung memusat pada rata-rata 78,33 dan post-test kelas eksperiman 84,67. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari nilai signifikan taraf 5% yaitu rhitung > rtabel (0,074 > 0,05), hal ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Nilai Fhitung > Ftabel (2,159 > 2,048), menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai variansi yang homogen. Selanjutnya nilai thitung > ttabel (2,159 > 2,048), menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada pengaruh model Cooperative Script terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 5 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Model cooperative Script; Kemampuan komunikasi matematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 02:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6996 |
Actions (login required)
View Item |