Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak di Desa Aek Botik Kec. Pahae Jae Kab. Tapanuli Utara

Panjaitan, Yuni Sarah (2021) Peranan guru baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak di Desa Aek Botik Kec. Pahae Jae Kab. Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagian besar masih banyak anak-anak di desa Aek Botik Kec. Pahae Jae Kab. Tapanuli Utara pendidikan agama nonformal tampak telah mulai berkurang, dulunya masih banyak anak-anak yang tidak mengikuti dan bahkan berkurang. Lantaran anak-anak sedikit keinginan mereka untuk mau pergi ke tempat pengajian, anak-anak disana masih banyak yang tidak bisa membaca Al�Qur‟an, dan sebagian anak-anak yang lain dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peranan Guru Baca Tulis Al-Qur‟an, metode apa saja yang digunakan dan kendala yang di hadapi oleh guru baca tulis Al-Qur‟an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an anak. Adapun Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Peranan Guru Baca Tulis Al-Qur‟an, metode apa saja yang digunakan, dan kendala apa saja yang dihadapi oleh Guru baca tulis Al-Qur‟an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan melakukan logika ilmiah. Metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah peranan guru baca tulis Al-Qur‟an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an anak di Desa Aek Botik kec. Pahae Jae Kab. Tapanuli Utara adalah menjadikan seorang anak yang aktif dalam proses belajar mengaji, meningkatkan antusias dan semangat guru dalam proses belajar mengaji, dan memberikan reward atau penghargaan terhadap anak dalam proses belajar mengaji tersebut. Adapun Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode Iqra‟ dan metode Amma. Dan Kendala guru baca tulis Al-Qur‟an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an yaitu yaitu kurangnya partisipasi dalam membimbing anak, dan kurangnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd dan H. Ismail Baharuddin, MA
Keywords: Guru; Baca; Tulis; Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:24
Last Modified: 08 Sep 2021 07:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6972

Actions (login required)

View Item View Item