Khairani, Netti (2021) Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada materi lingkaran Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Subulussalam Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kekurangpahaman siswa terhadap lingkaran. Hal ini disebabkan belum ada Lembar Kerja Siswa untuk tambahan sumber belajar, mereka hanya menggunakan buku paket sebagai sumber belajar sehingga siswa tidak mampu memahami lingkaran dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti akan mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis masalah yang tujuannya dapat mempermudah siswa memahami materi lingkaran sehingga memperoleh hasil yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana validitas lembar kerja siswa berbasis masalah pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kotanopan dan praktikalitas lembar kerja siswa berbasis masalah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas lembar kerja siswa berbasis masalah pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kotanopan dan untuk mengetahui praktikalitas lembar kerja siswa berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 7 tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, Uji coba awal, Revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) diberikan kepada 31 siswi MTs Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kotanopan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah yang sudah dikembangkan sebagai berikut. 1) Kevalidan Lembar Kerja Siswa Berbasis masalah ditunjukkan dengan nilai 82% dari analisis 3 validator dengan kategori sangat valid. 2). Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Berbasis masalah ditunjukkan dengan nilai 73% dari hasil angket respon siswa dengan kategori praktis. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa Berbasis masalah Pada Materi lingkaran ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Anhar, MA |
Keywords: | Lembar Kerja Siswa; LKS; Berbasis masalah; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 01:05 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6892 |
Actions (login required)
View Item |