Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan komunikasi matematis siswa antara penggunaan pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan model pembelajaran Jigsaw di M.Ts.S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara

Pulungan, Evita Sari (2021) Perbandingan komunikasi matematis siswa antara penggunaan pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan model pembelajaran Jigsaw di M.Ts.S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang diajarkan di sekolah ternyata tergolong dalam kategori ilmu yang sangat sulit untuk dipahami, hal ini disebabkan didalam pembelajaran Matematika banyak terdapat materi yang berbentuk abstrrak, sehingga banyak yang tidak bisa memahami materi dan berkesan kurang semangat dalam belajar sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya komunikasi matematis siswa, mereka menggap guru adalah satu-satunya sumber belajar dan kurangnnya interaksi anatara guru maupun sesama siswa dan kurangnya model atau metode seorang guru disaat pemebelajaran, sehingga saat pembelajaran tidak ada yang memberikan gagasan ide-ide cemerlang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan model pembelajaran Jigsaw, dan untuk mengetahui perbandingan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament di kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang di gunakan adalah The Nenoquivalent Pretest�Posttest Control Group Design. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII M.Ts.S Saybuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara . sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A 20 siswa merupakan eksprimen A dengan menggunakan model pembelajar Teams Games Tournament dan kelas VIII B 22 siswa merupakan kelas eksprimen B dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = peluang (1- ) = 1 – 5% = dan dk = n1 + n2 – 2 = 40 Diperoleh ttabel = 2,021 dan thitung -1.065= oleh karena thitung ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada perbandingan antara kelas eksperimen A dengan kelas eksprimen B. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di terima, sehingga dapat diputuskan bahwa : Tidak ada Perbandingan Komunikasi Matematis Antara Penggunaan Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Jigsaw di M.Ts.S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Komunikasi matematis; Pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:55
Last Modified: 26 Oct 2021 01:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6868

Actions (login required)

View Item View Item