Tirmizi, Tirmizi (2021) Implementasi pembinaan akhlak mulia pada siwa SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya implementasi (pelaksanaan) pembinaan akhlak mulia pada siswa di SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari sikap atau perilaku siswa yang mencerminkan kepribadian yang beretika dan berakhlak mulia, sebagai contoh dapat dilihat dari sikap hormat para siswa yang membiasakan memberi salam dan mencium tangan setiap bertemu dengan orang yang lebih tua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan akhlak mulia pada siswa SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Pelaksanaan dan evaluasi pembinaan akhlak mulia pada siswa SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembinaan akhlak mulia pada siswa SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang tujuannya untuk mencari, menganalisis dan membuat interpretasi data yang ditemukan melalui interview dan observasi. Data yang telah dikumpulkan akan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mereduksi, menyajikan dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembinaan akhlak mulia pada siswa dilakukan setiap tahun ajaran baru, proses perencanaan dilakukan melalui rapat bersama mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga pendidik, hingga tenaga kependidikan. 2) pelaksanaan pembinaan akhlak mulia pada siswa selama ini berjalan sangat baik dan semakin berkembang. Penanaman akhlak mulia pada siswa dilakukan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti kegiatan Mushafahah, shalat dhuha berjamaah, shalat zhuhur berjamaah, siraman rohani, tahfiz, membaca asmaul husna, mabit dan mentoring Islami, dan 3) Kegiatan evaluasi dilakukan setiap rapat sekali dalam dua minggu, yaitu masalah yang akan dievaluasi dalam rapat tersebut diantaranya masalah proses pembelajaran, masalah anak-anak, dan masalah akhlak siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Pembinaan akhlak; Akhlak mulia; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:03 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 01:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6860 |
Actions (login required)
View Item |