Hakim, Nanda Dian (2021) Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui permainan tradisional pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) materi Gobak Sodor Dan Bebentengan di MIN 2 Padangsidimpuan. Penyebabnya terdapat siswa yang kurang berpartisipasi dan siswa yang tidak bersemangat untuk ikut serta dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), dimana langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang diberikan guru yaitu meliputi hanya memberikan penjelasan materi, memberikan pemahaman melalui contoh soal, tidak terjalin interaksi guru dengan siswa karena metode yang digunakan tidak menarik untuk siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adalah:1.Apakah ada peningkatan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: a.Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan Permainan Tradisional pada siswa di MIN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan metode permainan tradisional. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III-D di MIN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar Observasi dan Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskripsif kualitatif. Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Permainan Tradisional dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kualitas belajar siswa dalam proses pembelajaraa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan siswa lebih aktif dan antusias mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) menggunakan metode Permainan Tradisional. Peningkatan keaktifan belajar siswa ditunjukkan berdasarkan hasil observasi yang telah dipersentasekan pada siklus I pertemuan-1 48%, pertemuan-2 55% dan siklus II pertemuan-1 69%, pertemuan-2 86% dan hasil angket yang dibagikan kepada siswa siklus I pertemuan-1 44%, pertemuan-2 59% dan siklus II pertemuan-1 74%, pertemuan-2 85%. Karena peningkatan keaktifan belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan (PJOK) telah mencapai sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Metode Permainan Tradisional Dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Permainan Tradisional Pada Mata Pelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan kesehatan (PJOK).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Keaktifan belajar; Permainan tradisional |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 15 Aug 2021 04:06 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 01:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6839 |
Actions (login required)
View Item |