Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan discovery learning dan media video untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101412 Panabari Kecamatan Tano Tombangan Angkola

Marito, Sakinah Setiawan (2021) Penerapan discovery learning dan media video untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101412 Panabari Kecamatan Tano Tombangan Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru pada pembelajaran IPA materi organ gerak hewan dan manusia terlihat bahwa dari 24 total jumlah siswa terdapat 10 siswa yang tuntas dengan persentase 41, 66 % dan 14 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 58, 33% berdasarkan persentase tersebut terdapat lebih banyak siswa yang berada dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Upaya yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model discovery learning dan media video dalam pembelajaran IPA materi organ gerak hewan dan manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan discovery learning dan media video dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA materi organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD Negeri 101412 Panabari Kecamatan Tano Tombangan Angkola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan discovery learning dan media video dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA materi organ gerak hewan dan manusia kelas V SD Negeri 101412 Panabari Kecamatan Tano Tombangan Angkola. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus diadakannya dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan/ tindakan (action), pengamatan/ observasi (observation), dan refleksi (reflection). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa dengan penerapan discovery learning dan media video. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes siklus I sampai siklus II. dimana, pada tes awal rata-rata nilai siswa 62,87 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa 70,41 menjadi 75,41 pada siklus II dari 80,41 menjadi 86,87. Persentase pemahaman siswa yang tuntas pada tes awal 29,16% kemudian meningkat pada siklus I dari 37,50% menjadi 50%, pada siklus II dari 70,83% menjadi 87,50%. Persentase siswa yang tidak tuntas pada tes awal 70,83%, siklus I dari 62,5% menjadi 50% dan siklus II dari 29,16% menjadi 12,5%. Sesuai dengan indikator tindakan pada skripsi ini, dimana siswa sudah melewati nilai rata-rata 75 yaitu 86,87 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 87,50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Discovery Learning; Media Video; Pemahaman; Pembelajaran; IPA; Organ Gerak Hewan; Manusia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:07
Last Modified: 05 Aug 2021 05:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item