Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan kepuasan pelanggan dalam berbelanja di Swalayan Rahmat Syariah Padangsidimpuan

Munte, Usman (2021) Determinan kepuasan pelanggan dalam berbelanja di Swalayan Rahmat Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini bahwa kepuasan pelanggan berbelanja tidak sepenuhnya terpenuhi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelayanan, lokasi, harga dan fasilitas berpengaruh secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, lokasi, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelayanan, lokasi, harga dan fasilitas. Teori tersebut menjelaskan bahwa pelayanan yang baik akan membuat pelanggan puas. Lokasi yang strategis, aman akan membuat pelanggan nyaman dalam berbelanja. Harga yang dapat di jangkau oleh pelanggan bisa membuat pelanggan datang kembali untuk berbelanja. Fasilitas yang di berikan akan memepermudah pelanggan dalam berbelanja. Dalam pembahasan tersebut maka diperlukan pelayanan, lokasi, harga dan fasilitas untuk membuat pelanggan puas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 97 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesionar, dan dokumentasi. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriftif, uji normalitas, uji linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinan R2, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di Swalaan Rahmat Syariah Padangsidimpuan. Terdapat pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di Swalaan Rahmat Syariah Padangsidimpuan. Terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di Swalaan Rahmat Syariah Padangsidimpuan. Tidak terdapat pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di Swalaan Rahmat Syariah Padangsidimpuan. Tidak semua variabel (X) berpengaruh tehadap variabel (Y) kepuasan pelanggan dalam berbelanja di Swalayan Rahmat Syariah Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Pelayanan; Lokasi; Harga; Fasilitas; Kepuasan Pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Aug 2021 00:43
Last Modified: 04 Aug 2021 00:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item