Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kelas V SDN 100720 Hapesong Baru

Gultom, Zulaini (2021) Penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kelas V SDN 100720 Hapesong Baru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi kurangnya kemampuan menulis cerita siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan karena proses pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah dan hanya mengandalkan buku tematik sebagai bahan proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan kebosanan siswa dalam belajar bahasa Indonesia dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan media selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa di SDN 100720 Hapesong Baru. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan penerapan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa di SDN 100720 Hapesong Baru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 100720 Hapesong Baru yang berjumlah 30 siswa. Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) 75%. Analisis data yang digunakan adalah uji Validitas instrumen, uji Reliabilitas, teknik pemeriksaan keabsahan data, teknik analisis data, dan hasil data dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 22. Penelitian dilakukan dengan cara dua siklus, pada kondisi awal nilai ratarata yang diperoleh siswa adalah sebesar 50,83. Pada siklus I pada pertemuan I dan II, dapat dilihat bahwa pada pertemuan I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 66.07. Pada pertemuan II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,70. Dengan demikian dapat dilihat bahwa adanya peningkatan dari pra siklus sebelumnya. Selanjutnya pada siklus II pada pertemuan I dan II, dapat dilihat bahwa pada pertemuan I siswa memperoleh rata-rata 75,87. Untuk memaksimalkan kemampuan menulis cerita siswa maka penelitian dilanjutnya pada pertemuan ke II. Pada pertemuan II siswa memperoleh nilai rata-rata 85,13. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Menulis cerita; Kemampuan; Pembelajaran; Media Gambar; Keaktifan Guru; Siswa
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Jul 2021 00:20
Last Modified: 30 Jul 2021 00:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item