Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa

Mardhiyah, Mardhiyah (2021) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sebagian siswa belum mengenali emosi didalam dirinya, dan siswa tidak memilki sifat kepedulian sehingga menyebabkan bolos sekolah, merokok, dan melanggar kode etik di sekolah dan tidak menghormati guru, guru sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan Spritual siswa terlebih dahulu guru berusaha menjadikan suri tauladan yang baik, sehingga dapat dicontoh oleh siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa, bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan Spritual siswa, faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan apa faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan Spritual siswa, Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatifmenggunakan metode deskriptif. Dengan sumber data primer dan sekunder dan instrument pengumpulan datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, sedangkan tekhnik menjamin keabsahan datanya adalah perpanjangan keikutsertaan dan tringulasi. Hasil peneltian ini dapat dilihat bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa guru harus mampu mengajarkan kepada siswa agar siswa mempunyai sifat mampu mengenali emosi, mampu mengelola emosi, mampu memotivasi diri, mampu mengenali emosi orang lain dan mampu membina hubungan dengan orang lain sedangkan, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menegmbangkan kecerdasan Spritual siswa guru mengajarkan siswa memiliki sifat istiqomah, konsisten dan ikhlas. Adapun faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional: faktor psikologis, dan pelatihan emosi dan fator penghambat dalam mengembangkan kecerdasan Spritual selalu mersakan kehadiran Allah, berpikir tentang hari kiamat, konsisten dan kometmen dalam Tawallah, konsisten dan komitmen dalam beribadah, berdzikir dan berdoa kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi, M.Ag.,M.Pd dan Hamidah, M.Pd
Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Kecerdasan Emosional; Spritual
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:08
Last Modified: 23 Jul 2021 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6786

Actions (login required)

View Item View Item