Siregar, Muhammad Isa (2021) Sistem produksi dan pemasaran sabun MJP Desa Sosopan dalam perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1710200019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Sistem Produksi Dan Pemasaran Sabun MJP desa Sosopan dilakukan dengan menggunakan alat yang sederhana (manual), dan dalam pelaksanaanya mulai dari produksi hingga kepemasaran masih banyak yang tidak sesuai dengan Prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam antara produser dan konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sistem produksi dan pemasaran sabun MJP di Desa Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang lawas Utara. Untuk mengetahui sistem produksi dan pemasaran sabun MJP dalam perspektif etika bisnis Islam di Desa Sosopan Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang lawas Utara Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yang menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi Dalam etika bisnis islam sistem produksi dan pemasaran harus sesuai dengan ajaran islam sesuai dengan prinsip yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu, dalam Etika Bisnis Islam harus mempunyai beberapa prinsip yang harus dilakukan, otonomi, kejujuran, keadilan, saling menguntungkan, dan integritas modal yaitu dalam melaksanakan suatu sistem produksi dan pemasaran pelaku harus mampu mengambil keputusan atau tanggung jawab, pelaku juga harus mempunyai kejujuran, keadilan, juga bisa menguntungkan antar pihak yang bersangkutan dan juga bisa menjaga nama baik guna mempertahankan usaha agar tetap baik dipandangan orang lain, sehingga dapat memberikan keuntungan baik di dunia dan akhirat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs Syafri Gunawan, M. Ag dan Dermina Dalimunthe, MH |
Keywords: | Produksi; Pemasaran; Etika Bisnis Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 01:29 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 01:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6782 |
Actions (login required)
View Item |