Harahap, Kobul (2021) Upaya guru bidang studi Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas dalam pembelejaran Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran masih perlu melakukan kesungguhan dalam mengawasi, melatih dan membimbing siswa dalam membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apa upaya guru AlQuran Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas, 2). Apa saja kendala guru Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca AlQuran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan Penelitian ini adalah: 1). Untuk Mengetahui gambaran upaya guru Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas, 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Pengelolaan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa upaya guru bidang studi Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Quran yaitu mengadakan tujuan pembelajaran yang efektif dan jelas, mengadakan materi pembelajaran Al-Quran secara bertahap, memiliki metode atau strategi pembelajaran Al-Quran, dan melakukan evaluasi secara bertahap. Adapun kendala yang dihadapi guru mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran yaitu kurangnya minat siswa dalam membaca Al-Quran, kurangnya keterbiasaan siswa membaca Al-Quran di rumah, dan kurangnya kesadaran dan dorongan dari orang tua terhadap anaknya yang belum pandai membaca Al-Quran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd |
Keywords: | Upaya Guru; Kesulitan Membaca Al-Quran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 01:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 01:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6776 |
Actions (login required)
View Item |