Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga Kecamatan Panyabungan

Nikmah, Maulidatun (2021) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga Kecamatan Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa masih di bawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga disebabkan karena selama proses pembelajaran selalu berpusat pada guru, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurang memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga kecamatan Panyabungan, dan untuk mengetahui apakah dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga kecamatan Panyabungan. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasaran teori Kurt Lewin penelitian tindakan kelas ini ada empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sedangkan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 106 Aek Galoga dilakukan melalui tahapan 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasi yang penerapannya disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada pra siklus terdapat 7 dari 24 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 60,41 (29,16%), kemudian pada siklus I pertemuan 1 terdapat 10 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 65,62 (41,66%), pada pertemuan 2 terdapat 12 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 68,12 (50%), pada siklus II pertemuan 1 terdapat 17 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 74, 37 (70,83%), pada pertemuan 2 terdapat 20 siswa yang tuntas dengan nilai ratarata 80 (83,33%). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil belajar siswa mengalami penigkatan setelah mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 106 Aek Galoga kecamatan Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Pendekatan Saintifik; Pembelajaran Tematik; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Jul 2021 00:52
Last Modified: 14 Jul 2021 00:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6773

Actions (login required)

View Item View Item