Mendrofa, Rini (2021) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masalah yang di hadapi oleh guru matematika pada umumnya adalah peningkatan hasil belajar siswa yang belum maksimal dan kurang nya pengetahuan guru dalam menggunakan model pembelajaran dalam membagi ilmu adapun kegiatan yang digunakan oleh guru adalah model pembelajaran langsung yang bersifat teacher centered proses pembelajaran yang demikian berakibat siswa menjadi pasif dan dapat menimbulkan kebosanan terhadap kelangsungan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa pada materi segiempat di kelas control dan eksperimen dan apakah ada pengaruh dalam penerapan model problem based learning dengan media puzzle terhadap hasil belajar siswa di kelas VII Smp Negeri 1 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Rumusan masalah ini merupakan tujuan dalam penelitian ini.Penelitian ini merupakan penelitian quarsi eksperimen dengan desain Pretest-Postest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dengan jumlah siswa 30 orang dan VII2 berjumlah 30 orang di Smp Negeri 1 Badiri. Instrumen penelitian yang digunakan untuk ke dua kelas adalah tes pilihan berganda. Kriteria Ketuntasan Minimal sekolah (KKM) 75%. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabiitas, uji daya beda uji tingkat kesukaran tes, ujinormalitas, homogenitas uji kesamaan dua rata�rata dan hipotesi dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 23. Data hasil belajar siswa di peroleh dari hasil postest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa rata-rata 74,83 untuk kelas kontrol dan eksperimen 83,20 hal ini di bukti kan dengan nilai hasil uji beda (t) dari perhitungan di atas = 9,27 sedangkan = 2,042. Sehingga bila di masukkan pada rumus hipotesis , sehingga di tolak dan di terima. Kesimpulan adalah terdapat pengaruh hasil belajar siswa di kelas VII2 yang menggunakan model pembelajaran problem based learning di bandingkan siswa kelas VII1 yang tidak menggunakan model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 07:28 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 07:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6752 |
Actions (login required)
View Item |