Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika mahasiswa dalam pembelajaran daring Semester VI (enam) Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

Hsb, Abdul Mulatua Majid (2021) Problematika mahasiswa dalam pembelajaran daring Semester VI (enam) Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Keputusan Pemerintah melalui Kemendikbud No. 1 Tahun 2020 dan Kemenag No. 2 Tahun 2020 melarang perguruan tinggi untuk melakukan perkuliahan tatap muka atau luring dan perkuliahan dialihkan menjadi perkuliahan daring sebagai alternatif pembelajaran pada masa covid-19 untuk memutus rantai penyebaran virus yang semakin tidak terkendali. Akibat keputusan ini menjadi tantangan sendiri bagi mahasiswa dan juga dosen mengingat perkuliahan daring sendiri baru pertama kali diterapkan pada Semester VI (enam) tahun ajaran 2019/2020 khususnya pada Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Pembelajaran daring membutuhkan perangkat�perangkat untuk mendukung kelancarannya seperti handphone android, notebook atau laptop dan jaringan yang mendukung. Namun tidak semua mahasiswa memiliki perangkat yang memadai untuk melakukan pembelajaran daring dan mata kuliah Matematika sendiri memiliki materi yang rumit dan abstrak yang membutuhkan penjelasan yang lebih rinci. Sehingga hal tersebut memungkinkan terjadinya kendala�kendala mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika mahasiswa dalam pembelajaran daring Semester VI (enam) Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsisimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika Angkatan 2017 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel diambil sebanyak 20 orang dari 20% populasi, dengan jumlah populasi sebanyak 97 orang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian pengolahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika mahasiswa dalam pembelajaran daring Semester VI (enam) Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan angkatan 2017 adalah jaringan yang tidak stabil, boros kuota internet, jadwal yang berganti-ganti, tugas daring yang lebih banyak, ketidaksiapan mahasiswa: hp yang kurang memadai, tempat/rumah yang tidak kondusif, ketidaksiapan dosen mengajar: kurang memberikan penjelasan, kurang merespon mahasiswa, dan pembelajaran yang monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Problematika; Pembelajaran Daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Jul 2021 07:06
Last Modified: 08 Jul 2021 07:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item View Item