Sipahutar, Linni Srigusti (2021) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model think pair share dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran tematik juga kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan apa yang dipikirkannya baik secara individu maupun kelompok. Maka untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran Think Pair Share. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa dalam tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Selalu Berhemat Energi melalui model pembelajaran Think Pair Share di kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru wali kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200508 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa ditentukan oleh indikator keberhasilan dimana hasil akhir siklus siswa memperoleh nilai di atas KKM (≥75). Pada tes awal nilai rata-rata siswa 52,6 setelah diterapkan model Think Pair Share terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan ke-1 dengan nilai 59,0 dan meningkat pada pertemuan ke-2 65,33 dengan persentase yang tuntas 50%, kemudian dilanjutkan dengan siklus II diperoleh nilai rata-rata pada pertemuan ke-1 70,16 dan pada pertemuan ke-2 telah mencapai nilai KKM yaitu 76,33 serta persentase yang tuntas sebesar 86,66%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Maka hipotesis penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran; Think Pair Share; Hasil Belajar Kognitif; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 04:30 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 04:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6719 |
Actions (login required)
View Item |