Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan pendekatan SAVI siswa kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan

Dalimunthe, Elsi Anni Nora (2021) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan pendekatan SAVI siswa kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kreatif. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan pendekatan somatik, auditori, visual, intelektual (SAVI), yang mengahruskan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam Penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa di kelas IV SDN 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padansidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), refleksi (reflection). Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes dan hasil observasi. Subjek data penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 200508 Sihitang, pada semester genap dengan jumlah 30 orang. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Hal ini dapat dibuktikan pada tes awal nilai rata˗rata siswa 51 setelah diterapkan pendekatan SAVI terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan ke˗1 dengan nilai 61 dan meningkat pada pertemuan ke˗2 64 dengan peresentase yang tuntas 50%, kemudian dilanjutkan pada siklus II diperoleh nilai rata˗rata pada pertemuan ke˗1dengan nilai 73 dan pada pertemuan ke˗2 telah mencapai nilai kkm yaitu 84 serta persentase yang tuntas 93%. Maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Hasil Belajar; Somatik; Auditori; Visual; Intelektual (SAVI); Bahasa Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:31
Last Modified: 18 Jun 2021 07:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item