Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu (IT) Darul Hasan Padangsidimpuan

Aulina, Dina (2021) Upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu (IT) Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dari penelitian ini yaitu salah satu aspek dalam pendidikan agama Islam yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah pendidikan tentang membaca dan menulis Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan pendidikan Baca Tulis Al-Qur‟an mendapatkan perhatian lebih. Namun demikian karena beberapa faktor, mutu siswa dalam hal membaca dan menulis Al-Qur‟an masih perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an sehingga diharapkan akan ada peningkatan yang signifikan pada mutu pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaranBaca Tulis Al-Qur‟an.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan dan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Skripsi ini bermanfaat bagi guru SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan mutu pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an di sekolah tersebut. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berdasarkan data-data di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Dalam penelitian ini juga berisi data dari wawancara dengan guru Baca Tulis Al-Qur‟an, dokumentasi dan hasil observasi yang penulis lakukan di beberapa kelas SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu seperti menjelaskan materi, memberikan pertanyaan, mempraktikkan bacaan, dan mengevaluasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an kemudian upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an adalah pertama dengan memberikan motivasi dalam pembelajaran, kedua menggunakan metode dan media yang tepat dalam pembelajaran, ketiga mengelola kelas agar tercipta pembelajaran yang nyaman, keempat mengadakan kegiatan tahsin sebelum masuk ke dalam ruangan setiap hari, kelima mengadakan kegiatan mentoring Islam yang berkaitan dengan pembinaan akhlak dan mengenai pembelajaran Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Nurfin Sihotang, MA., Ph.D dan H. Ismail Baharuddin, MA
Keywords: Upaya Guru; Mutu, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:41
Last Modified: 16 Jun 2021 02:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6685

Actions (login required)

View Item View Item