Siregar, Suryani Fitri (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran science technology and society (STS) di kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri 100101 Simatorkis. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas KKM, dimana hal tersebut disebabkan kurang efektif dan kreatif guru dalam memilih model pembelajaran yang menjadikan pembelajaran menjadi monoton dan membosankan sehingga siswa tidak memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah penggunaan Model Pembelajaran Science Technology And Society (STS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1001101 Simatorkis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Science Technology And Society (STS). Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilakasanakan di SD Negeri 100101 Simatorkis yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengecek data yang diperoleh dari guru kelas dan siswa kelas IV. Teknik ini diperoleh dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Analaisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan Model Pembelajaran Science Technology And Society (STS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum penggunaan model pembelajaran STS hanya 30% (6 siswa) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 70% (14 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I sudah mulai ada peningkatan dari hasil belajar siswa dengan siswa yang tuntas 60% (12 siswa) dan 40% (8 siswa) yang tidak memenuhi kriteria KKM dengan nilai rata 75,9. Pada siklus II hasil belajar meningkat jauh dimana siswa memenuhi ketuntasan KKM yaitu 90% (18 siswa) dan yang tidak memenuhi 10% (2 siswa) dengan nilai rata-rata 89,85. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menggunakan Model Pembelajaran Science Technology And Society (STS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar IPA; Model Pembelajaran; Science Technology and Society; STS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 01:58 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 01:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6680 |
Actions (login required)
View Item |