Nasution, Rosmalia (2021) Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis konstruktivisme untuk pembelajaran materi pecahan di kelas IV SD Negeri 399 Gunung Godang Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa tentang konsep pecahan. Hal ini dikarenakan tidak adanya LKS sebagai sumber belajar tambahan, mereka hanya menggunakan buku teks sebagai sumber belajar sehingga siswa kurang memahami konsep pecahan dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti akan mengembangkan LKS berbasis konstruktivisme yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi pecahan sehingga memperoleh hasil yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas LKS berbasis konstruktivisme materi pecahan untuk siswa kelas IV SD Negeri 399, Gunung Godang, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal dan bagaimana kepraktisan LKS berbasis konstrutivisme pecahan untuk siswa kelas IV SD Negeri 399, Gunung Godang, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS berbasis konstruktivisme materi pecahan untuk siswa kelas IV SD Negeri 399, Gunung Godang, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal dan kepraktisan LKS berbasis konstruktivisme materi pecahan untuk siswa kelas IV SD Negeri 399, Gunung Godang, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan dilakukan melalui tujuh tahap, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa tehadapa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) diberikan kepada 21 siswa di SD Negeri 399 Gunung Godang Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis konstruktivisme. 1) Validitas LKS berbasis konstruktivisme ditunjukkan dengan nilai 83 % dari hasil analisis ahli materi dengan kategori sangat valid, nilai 84% dari hasil analisis ahli media dengan kategori sangat valid, dan nilai 83% dari hasil analisis 3 validator dengan kategori sangat valid Praktikalitas LKS berbasis konstruktivisme ditunjukkan dengan nilai 84% berdasarkan hasil angket respon siswa dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, LKS berbasis konstruktivisme pada materi pecahan ini cocok digunakan untuk pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. |
Keywords: | Lembar Kegiatan Siswa (LKS); Konstruktivisme; Pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:32 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6677 |
Actions (login required)
View Item |