Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan

Harahap, Nursawalina (2016) Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya latihan sehingga siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan lingkaran khususnya pada unsur-unsur lingkaran, keliling lingkaran, dan luas lingkaran, serta siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with pretest and posttest). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 143 siswa, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas VIII – 2 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII – 3 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 8 soal materi lingkaran. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chikuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 2,065 > ttabel = 1.67, sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Contextual teaching and learning (CTL); hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 07:31
Last Modified: 17 Apr 2020 07:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item