Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Hasibuan, Ria Elvina (2021) Strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Angkola Barat belum maksimal sehingga masih banyaknya siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar di SMP negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan?, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan strategi pembelajaran di SMP negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar di SMP negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan dan untuk mengetahui apa pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan strategi pembelajaran di SMP negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptip, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan objek sesuai apa adanya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Angkola Barat, mulai bulan September 2019 sampai Januari 2020. Adapun subjek dalm penelitian ini guru PAI yang mengajar di SMP negeri 1 Angkola Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, adapun tahapan yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Angkola Barat disuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Adapun metode yang dipakai ialah metode ceramah digunakan untuk materi iman kepada Allah, metode diskusi thaharah, metode Tanya jawab digunakan untuk materi berprilaku jujur, dan metode drill untuk hafalan Al-qur’an dan hadits, sedangkan metode pembelajaran PAIKEM, strategi pembelajaran dan alternatif strategi pembelajaran tidak digunakan karena dianggap kurang sesuai untuk materi yang diajarkan. Faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag.M.Pd.I
Keywords: Strategi Pembelajaran Guru; Pendidikan Agama Islam; Proses Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Jun 2021 01:12
Last Modified: 10 Jun 2021 01:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6667

Actions (login required)

View Item View Item