Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemikiran Kiyai Haji Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam

Bm, Alan Sayid Abdilah (2021) Pemikiran Kiyai Haji Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh gagasan pendidikan modern di Indonesia yang dikembangkan oleh Muhammadiyah yang sejak mulai didirikan hingga saat ini terus menunjukan eksistensinya, keberhasilan dan kemajuan tersebut tentunya tidak lepas dari pemikiran tokoh pendirinya yakni Kiyai Haji Ahmad Dahlan. Maka dalam hal ini peneliti akan menguraikan pandangan�pandangan pendidikan Islam yang telah digagas Kiyai Haji Ahmad Dahlan, yang sampai saat ini masih menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa tujuan pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? (2) Bagimanakah kurikulum pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? (3) Apa saja metode pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam dan Metode Pendidikan Islam menurut Kiyai Haji Ahmad Dahlan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data penelitian yaitu buku, majalah, dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif analisis, yaitu suatu metode atau teknik menganalisis teori dan pemahaman dari suatu realita dalam mendapatkan data penelitian secara logis atau memberikan informasi penelitian secara rasional, dengan pendekatan filosofis dan historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan Pendidikan Islam menurut Kiyai Haji Ahmad Dahlan ialah hendaknya pendidikan Islam diarahkan pada usaha membentuk manusia muslim yang berbudi luhur, alim dalam agama, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan, serta besedia berjuang untuk kemajuan masyarakat. (2) Kurikulum Pendidikan Islam menurut Kiyai Haji Ahmad Dahlan ialah Al-Qur‟an dan Hadist, membaca, menulis, berhitung, ilmu bumi, dan menggambar. Intinya yaitu integarasi antara ilmu agama dengan ilmu umum. (3) Metode Pendidikan Islam menurut Kiyai Haji Ahmad Dahlan bercorak kontekstual melalui proses penyadaran, yaitu beliau akan menambah pelajaran selanjutnya apabila para peserta didik sudah memiliki kesadaran dan dapat mempraktekkan langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Percikan Pemikiran; Kiyai Haji Ahmad Dahlan; Pendidikan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Jun 2021 01:20
Last Modified: 08 Jun 2021 01:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6658

Actions (login required)

View Item View Item