Hayati, Nikmah (2021) Penentuan harga produk pada Warung Nasi Goreng Naroyal Desa Panyabungan Julu Kecamatan Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penentuan harga produk merupakan strategi kunci yang harus dilakukan setiap produsen. Harga jual suatu produk mempengaruhi persaingan pasar, harga juga mempengaruhi pendapatan dan laba bersih sebuah usaha. Harga produk pada warung nasi goreng Naroyal sebesar Rp.5000 per porsi bebeda dengan warung nasi goreng yang lain seperti, nasi goreng Saroha, nasi goreng bang Lukman, nasi goreng ibu Ani, yang menjual sebesar Rp.10.000-15.000. Keunggulan warung nasi goreng Naroyal dilihat dari banyaknya jumlah konsumen yang datang ke warung nasi goreng Naroyal, dibanding dengan warung nasi goreng lainnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan harga produk pada warung nasi goreng Naroyal Desa Panyabungan Julu Kecamatan Panyabungan. Menurut Tjiptono penentuan harga merupakan tugas kritis yang menunjang keberhasilan operasional organisasi profit maupun non profit. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran memberikan pendapatan bagi organisasi.Namun, keputusan mengenai harga tidak mudah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penentuan harga produk warung nasi goreng Naroyal Desa Panyabungan Julu Kecamatan Panyabungan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 3 kelompok yaitu pak Abdul Kholid sebagai pemilik warung nasi goreng Naroyal Desa Panyabungan Julu, Nur Jannah, Wahidah, Mariani sebagai karyawan warung nasi goreng Naroyal Desa Panyabungan Julu, dan Roslina, Fitri Adilah, Rusman dan Lisna sebagai konsumen warung nasi goreng Naroyal Desa Panyabungan Julu. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan observasi langsung ke lapangan, dan wawancara dilakukan dengan terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penentuan harga produk pada warung nasi goreng Naroyal tidak terlalu mahal sehingga mudah di jangkau oleh konsumen.Warung nasi goreng Naroyal menggunakan metode taksiran.Dalam metode taksiran warung nasi goreng naroyal tetap memperhatikan tiga hal yaitu penentuan harga pokok produksi (HPP), perbandingan dengan para pesaing dan pengambilan profit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, MA dan Damri Batubara, M.A |
Keywords: | Penentuan Harga; Produk |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 01:11 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 01:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6640 |
Actions (login required)
View Item |