Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar siswa di kelas VIII MTs Negeri 2 Mandailing Natal

Sari, Lisda (2021) Pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar siswa di kelas VIII MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penguatan adalah segala bentuk respon yang bersifat verbal ataupun non verbal sebagai umpan balik yang diberikan terhadap tingkah laku siswa. Siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Mandailing Natal masih banyak yang mengalami kesulitan terhadap tanggung jawab belajar terbukti adanya sebagian besar siswa terlihat kurang bersemangat dalam belajar, dan enggan menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang diberikan. Jika guru memberikan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah hanya setengah jumlah siswa yang dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar siswa MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar siswa MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Jenis pnelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Serta menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier sederhana dengan menggunakan uji-t sebagai metode analisis data, teknik instrument pengumpulan data yag digunakan adalah angket. peneliti mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar Siswa di Kelas VIII MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Hal ini terbukti dari koofesian korelasi yang diperoleh siswa ( adalah sebesar Rxy = 0,489 > rtabel = 0,361, dan thitung = 2,965 > ttabel = 2,048 pada tarap signifikan 0,05%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Penguatan; Tanggung Jawab Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 May 2021 02:52
Last Modified: 04 May 2021 02:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item