Sartika, Dewi (2021) Pengelolaan kelas guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah berdasarkan observasi peneliti, bahwa di SMP Negeri 3 Sipirok ditemukan ada guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas masih kurang. Hal ini disebabkan kurangnya media, alat ataupun metode guru dalam meyampaikan pelajaran pada siswa sehingga guru kewalahan dan terkendala dalam proses belajar mengajar. Hal ini bisa membuat siswa menjadi bosan dan jenuh disaat berlangsungnya pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan kelas guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok dan apa kendala yang dihadapi guru pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 3 Sipirok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pengelolaan kelas guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok dan mengetahui apa kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 3 Sipirok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan menginterpretasisikan objek sesuai dengan apa adanya. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok baik ditinjau dari keterampilan pengelolaan kelas, penyediaan pasilitas dalam kelas, penataan ruang kelas dan hubungan yang harmonis juga diciptakan oleh guru dengan beberapa pendekatan. Kendala guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok kurangnya media, alat ataupun metode guru dalam meyampaikan pelajaran pada siswa sehingga guru kewalahan dan terkendala dalam proses belajar mengajar. Waktu yang di gunakan padasaat peroses pembelajar juga sangat sedikit sehingga guru kewalahan padasaat membuat metode di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 04:22 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 04:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6604 |
Actions (login required)
View Item |