Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi active learning dengan metode crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar materi Rasul Allah idolaku pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V B SD Swasta Sei Rumbia 2 Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir

Suwandari, Suwandari (2021) Penerapan strategi active learning dengan metode crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar materi Rasul Allah idolaku pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V B SD Swasta Sei Rumbia 2 Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar kelas V B pada materi Rasul Allah Idolaku. Hal tersebut disebabkan karena, kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Selain itu, guru juga selalu menerapkan metode yang monoton dalam kegiatan belajar, sehingga siswa merasa bosan dan tidak berkonsentrasi. Maka, untuk mengatasi permasalahan diatas guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa bisa aktif, tidak mudah bosan, dan berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu metode dan strategi acive learning yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode crossword puzzle dan strategi active learning pada materi Rasul Allah Idolaku. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu Apakah penerapan strategi active learning dengan metode crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar materi Rasul Allah Idolaku. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi Rasul Allah Idolaku dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam melalui strategi active learning dengan metode crossowrd puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Active Learning dengan menggunakan metode Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Rasul Allah Idolaku siswa kelas V B SD Swasta Sei Rumbia 2 Bagan Sinembah. Hal ini terbukti adanya peningkatan setiap siklus, dengan rincian sebagai berikut. Pelaksanaan pra siklus siswa mencapai nilai rata-rata 51,38, siklus I pertemuan I dengan nilai 55,33, dan siklus I pertemuan II dengan nilai 64,33 dan siklus II pertemuan I dengan nilai 74,33, dan siklus II pertemuan II dengan nilai 85,33. Jadi hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam materi Rasul Allah Idolaku melalui strategi Active Learning dengan metode Crossword Puzzle di kelas V B SD Swasta Sei Rumbia 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Hamidah, M.Pd
Keywords: Active Learning; Crossword Puzzle; Rasul Allah Idolaku; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Apr 2021 05:14
Last Modified: 28 Apr 2021 05:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item