Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kendala proses pembelajaran matematika pada masa corona virus disease (COVID-19) di kelas VI-A SD Negeri 200117 Padangsidimpuan

Sihombing, Nuri Hotna (2021) Kendala proses pembelajaran matematika pada masa corona virus disease (COVID-19) di kelas VI-A SD Negeri 200117 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah dimana sebelum covid�19 proses pembelajaran masih dilakukan disekolah, dan guru menyampaikan proses pembelajaran secara langsung dengan anak didik. Namun sejak munculnya wabah covid-19 proses pembelajaran terpaksa harus dilaksanakan dari rumah, dan siswa belajar melalui media pembelajaran online. Sehingga guru tidak bisa menyampaikan proses pembelajaran seperti biasanya secara tatap muka, dan sudah pasti itu menuai banyak kendala. Rumusan masalah peneliti ialah apa saja kendala proses pembelajaran matematika pada masa corona virus disease (covid-19) di kelas VI-A SD Negeri 200117 Padangsidimpuan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kendala proses pembelajaran matematika pada masa corona virus disease (covid-19) di kelas VI-A SD Negeri 200117 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga sub proses yang saling berkaitan yaitu reduksi data, penampilan data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala proses pembelajaran matematika pada masa covid-19 di kelas VI-A SD Negeri 200117 Padangsidimpuan berdasarkan tiga faktor antara lain: 1) Faktor Manusiawi yang menyebabkan kendala berinteraksi sesama teman, interaksi dengan guru, dan interaksi dengan sumber belajar. 2) Faktor Intitusional yang meyebabkan kendala dalam menerima tujuan pembelajaran, kendala dalam menerima materi pembelajaran, kendala dalam menerima metode dan kendala dalam menerima evaluasi pembelajaran. 3) Faktor Intruksional yaitu kendala dalam menerima media pembelajaran yang disampaikan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Kendala; Proses Pembelajaran; Matematika; Corona Virus Disease
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Apr 2021 05:04
Last Modified: 28 Apr 2021 05:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item