Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan

Daulay, Amrin Riady (2021) Analisis strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan merupakan sebuah unsur pelaksana pemerintahan di bidang pariwisata yang menjadi kewenangan daerah Kota Padangsidimpuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan masih kurang efektif dan efisien sehingga masih banyak wisatawan belum mengetahui pariwisata yang ada di Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan dan Analisis Strategi Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan dan menganalisis strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini yaitu sebagai alat penambah ilmu pengetahuan bagi peneliti dan sebagai referensi tambahan bagi peneliti selanjutnya untuk lembaga pendidikan dan alat untuk perbaikan bagi Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan analisis strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, instrument pengumpulan data adalah data primer dan dan data sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses menganilisis data yaitu menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh Analisis SWOT yaitu Strategi SO memperketat kontrol pengembangan kualitas dan pemasaran pariwisata, melakukan kegiatan promosi dalam menarik minat kunjungan wisatawan. Strategi WO memanfaatkan sumber daya alam dan pelatihan sumber daya manusia. Strategi ST melakukan perencanaan yang baik untuk pemasaran jangka panjang dalam melakukan pengembangan dan pemasaran pariwisata sesuai efisiensi anggaran yang di berikan. Strategi WT membuat strategi pemasaran dalam jangka panjang untuk dapat bersaing di pasar dalam bidang pariwisata yang terbuka secara global.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Analisis SWOT; Strategi Pemasaran; Pariwisata
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:05
Last Modified: 23 Apr 2021 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item