Rambe, Desriani (2021) Peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui metode time token pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII-1 Yayasan Althowifin Jabal Tho’at Desa Batang Baruhar Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas khususnya materi spldv. Hal ini yang disebabkan karena tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah, juga kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan ide atau pendapatnya. Maka, untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa peneliti menawarkan satu metode pembelajaran yaitu metode time token.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan metode time token di kelas VIII-1 Yayasan Althowifin Jabal Tho’at Desa Batang Baruhar Julu Kabupaten Padang Lawas Utara dan apakah penerapan metode time token dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi spldv. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode time tokendi kelas VIII-1 Yayasan Althowifin Jabal Tho’at Desa Batang Baruhar Julu Padang Lawas Utara dan untuk mengetahui penerapan metode time token dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi spldv. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 Yayasan Althowifin Jabal Tho’at Desa Batang Baruhar Julu Padang Lawas Utara tahun ajaran 2020 yang terdiri 24 siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi siswa, angket dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, tahapan yang dilakukan dalam setiap siklus adalah tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap pertemuan. Hasil rata-rata angket yaitu56,85 sebelum tindakan menjadi 62,75 siklus I pertemuan ke-1 menjadi 69,25 siklus I pertemuan ke-2, sedangkan siklus II pertemuan ke-1 yaitu70 meningkat menjadi 80,10 siklus II pertemuan ke-2. Hasil tes nilai rata-rata yaitu dari 56,67 tes awal menjadi 63,33 siklus I pertemuan 1 dan menjadi 69,79 siklus I pertemuan 2, sedangkan siklus II pertemuan 1 yaitu 74,79 menjadi 81,45 siklus II pertemuan 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Almira Amir, M.Si dan Dra. Asnah, MA |
Keywords: | Rasa Percaya Diri; Kemampuan Komunikasi Matematis; Metode Time Token; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 13 Apr 2021 01:42 |
Last Modified: | 13 Apr 2021 01:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6570 |
Actions (login required)
View Item |