Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan kemapuan kognitif siswa pada pelajaran matematika di MAS Syekh Ahmad Basyir Parsariran-Batang Toru

Dalimunthe, Khoirotunnisa (2021) Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan kemapuan kognitif siswa pada pelajaran matematika di MAS Syekh Ahmad Basyir Parsariran-Batang Toru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya fakta bahwa kurangnya motivasi belajar siswa MAS Syekh Ahmad Basyir khususnya pada saat pembelajaran matematika sedang berlansung. Hal ini dapat dilihat berdasarkan aktivitas siswa ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, dimana sebagian siswa tampak bosan dan menengantuk serta lebih memilih mengobrol daripada mendengarkan guru menjelaskan. Sehingga kurangnya motivasi belajar juga dapat mempengaruhi kemampuan kognitif siswa terutama pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada pelajaran matematika di kelas X MAS Syekh Ahmad Basyir, (2) Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kontekstual, dan (3) Meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pelajaran matematikan dengan penerapan model pembelajaran kontekstual ke kelas X MAS Syekh Ahmad Basyir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana sistematika penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan pelaksanaannya terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Syekh Ahmad Basyir Parsariran-Batang Toru dengan jumlah 23 siswa pada pelajaran matematika dengan materi SPLTV. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, angket motivasi belajar, dan tes (pre-test prasiklus dan posttest akhir siklus). Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, yaitu persentse skor motivasi belajar dan rata-rata tes kemampuan konitif siswa Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswa pada pelajaran matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X MAS Syekh Ahmad Basyir, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Motivasi Belajar Siswa dan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan observasi dari Prasiklus – Siklus I sebesar 11,84% dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 21,19%. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dari Siklus I ke Siklus II berdasarkan angket adalah sebesar 15,75%. Pada tingkat kemampuan kognitif PraSiklus persentase ketuntasan siswa adalah 17,39% dimana belum mencapai kriteria minimum 75%, pada Siklus I persentase ketuntasan Siswa yaitu sebesar 47, 82% belum mencapai kriteria minimal ketuntasan sebesar 75%. Pada Siklus II persentase ketuntasan Siswa yaitu sebesar 78,26% sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Sehat Sultoni Dalimunthe, S.Ag, MA
Keywords: Motivasi Belajar; Kemampuan Kognitif Siswa; Model Pembelajaran Kontekstual
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 13 Apr 2021 01:23
Last Modified: 13 Apr 2021 01:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6568

Actions (login required)

View Item View Item