Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan

Nuraini, Nuraini (2021) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini adalah kurangnya kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan seperti alat kesehatan yang kurang memadai, kurangnya kedisplinan waktu dalam merawat pasien dan ditambah lagi dengan beredarnya vidio seorang pasien terkena virus corona yang sempat viral di media sosial, dalam vidio tersebut pasien meminta tolong agar dirinya diberikan perawatan yang manusiawi. Penelitian ini menggunakan kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan. Berdasarkan Wells dan Prensky berpendapat kepuasan atau ketidakpuasan konsumen ialah sikap konsumen terhadap suatu produk atau jasa sebgai hasil dari evaluasi konsumen setelah menggunakan sebuah produk atau jasa. Konsumen akan merasa puas jika pelayanan yang diberikan produk dan jasa menyenangkan hati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel Simple Random Sampling. Dimana data dalam penelitian ini data Primer (penelitian langsung dilakukan di lapangan atau pada responden) dengan jumlah sampel yang didapat 99 sampel. Pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji Validitas, uji Reabilitas, uji deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji analisis linear sederhana, uiji hipotesis (uji koefisien regresi secara parsial atau uji t, dan uji koefisien determinasi atau R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Ja'far Nasution LC., M.E.I
Keywords: Kepuasan Pasien; Kualitas Pelayanan
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:06
Last Modified: 16 Mar 2021 02:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item