Hasibuan, Lolita (2020) Pengaruh model pembelajaran langsung dengan pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemauan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan pada materi garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Salah satu penyebabnya adalah penyampaian materi yang kurang menarik atau guru tidak menggunakan metode yang tepat maupun alat bantu yang mendukung proses pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh positif signifikan model pembelajaran langsung dengan pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hadiah (reward) dan hasil belajar matematika. Aspek-aspek atau bagianbagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen menggunakan model non randomized control group pretest posttest desigh.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 padangsidimpuan yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 162 siswa. Sampel di kelas eksperimen yang diberi perlakuan pada kelas VIII-2 berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan pada kelas VIII-3 berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t. Hasil Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan 2,281 2,060, hitung tabel t t maka 0 H ditolak dan sebaliknya a H diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran langsung dengan pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Pemberian hadiah (reward); Hasil Belajar Matematika; Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran. |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:43 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6463 |
Actions (login required)
View Item |