Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan kemudahan terhadap keputusan belanja online : studi kasus pada mahasiswa Institut Agama islAm Negeri Padangsidimpuan

Dalimunthe, Salman Hardiansyah (2020) Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan kemudahan terhadap keputusan belanja online : studi kasus pada mahasiswa Institut Agama islAm Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200208.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan meningkatnya jumlah pengguna belanja online terutama pada kalangan mahasiswa hal ini dapat kita lihat dari data APJII dalam berita kompas, penggunaan internet sebagai media belanja sudah tidak asing lagi pada kalangan masyarakat khususnya mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang kesehariannya tidak jauh dari internet. Fenomena tersebut membuat perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang toko online berlomba-lomba untuk meningkatkan citra merek dari produk tersebut, harga barang, kualitas produk dan kemudahan dalam mengakses produk-produk yang diharapkan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah citra merek, harga, kualitas produk dan kemudahan berpengaruh terhadap keputusan belanja online baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan kemudahan terhadap keputusan belanja online baik secara parsial maupun simultan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen bisnis, yakni hal-hal yang mempengaruhi keputusan belanja secara online. Citra merek adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol atau desain untuk mengidentifikasi barang dan jasa yang membedakan suatu produk dengan produk lainnya, harga adalah suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang, produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan dipasardan kemudahan adalah sejauh mana orang percaraya bahwa menggunakan tekhnologi orang akan bebas dari usaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 99 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu teknik pengumpulan data dengan cara memilih responden dengan cara kebetulan. Analisis menggunakan statistik yaitu SPSS Versi 21. Hasil analisis koefisien determinasi (r squer) dapat diketahui bahwa nilai r= 0,572 atau 57,2% menunjukkan bahwa variabel citra merek, harga, kualitas produk dan kemudahan memberi pengaruh 57,2% terhadap keputusan belanja online. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa citra merek dan kemudahan berpengaruh terhadap keputusan belanja online pada mahasiswa IAIN Padangsidimpuan secara parsial, Pada variabel harga dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan belanja online pada mahasiswa IAIN Padangsidimpuan secara parsial dan pada uji simultan, terdapat pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan kemudahan terhadap keputusan belanja online pada mahasiswa IAIN Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M., dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I
Keywords: Citra Merek; Harga; Kualitas Produk; Kemudahan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:58
Last Modified: 18 Mar 2021 02:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6416

Actions (login required)

View Item View Item