Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembinaan membaca Al-Qur’an anak di Desa Aek Libung Kecamatan Portibi Padang Lawas Utara

Sariani, Adek (2020) Pembinaan membaca Al-Qur’an anak di Desa Aek Libung Kecamatan Portibi Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidempuan.

[img] Text
1620100091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an masih ditemukan beberapa permasalahan diantaranya kurangnya memahami tazwid dan makhroj dalam membaca Al-Qur’an sehingga terjadinya pemasalahan dalam membaca Al-Qur’an akhrnya anak pun makin menurun kebaikannya di Desa Aek Libung Kecamatan Portibi Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan membaca AlQur’an anak di Desa Aek Libung Kecamatan Portibi Padang Lawas Utara. dan Untuk mengetahui proses pelaksanaan membaca Al-Qur’an anak dan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an anak di Desa Aek Libung Kecamatan Portibi Padang Lawas Utara. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dengan orangtua yang mempunyai anak 10-13 tahun, kepala desa, guru mengaji, hatobangon dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu orangtua, dan guru mengaji, sedangkan data skundernya adalah anak dan kepala desa. Hasil penelitian sebagai berikut, pertama pembinaan membaca Al-Qur’an anak. Dapat dilihat dari keseharian anak setiak kali mau membaca Al-Qur’an anak terlebih dahulu mensucikan diri dari hadas kecil dan hadas besar, setiap kali mau melakukan pengajian mereka datang tepat waktu, dan makin bisa menghargai orang yang lebih tua darinnya dan menyanyangi yang dibawahnya. Kedua proses pelaksanaan membaca Al-Qur’an anak dilakukan di runah Guru mengaji dilakukan setiap hari setelah solat magrib. Dan yang ketiga kemampuan dalam membaca Al-Qur’an anak dapat dilihat dari keseharian anak untuk kemampunnya dalam melakukan pengajian setiap harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi dan Ismail Baharuddin
Keywords: Pembinaan membaca Al-Qur’an anak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2021 02:28
Last Modified: 05 Feb 2021 02:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6391

Actions (login required)

View Item View Item