Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa di Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman Kabupaten Tapanuli Selatan

Rahmadani, Rezka (2020) Pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa di Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidempuan.

[img] Text
1620100081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dominan menggunakan metode ceramah sehingga pembelajran kurang bervariasi, dan menyebabkan siswa kurang aktif dan merasa bosan dengan sistem pembelajaran yang monoton sehingga mengakibatkan hasil belajar tidak memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari dua kelas yaitu Kelas VII-1 kelas eksperimen dan VII-2 kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Sampel dikelas eksperimen yang diberi perlakuan 20 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 20 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Dari analisis data, soal post test yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa dengan materi iman kepada malaikat-malaikat Allah diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 84,35 dan kelas kontrol 73,75. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunkan uji-t kedua kelas memiliki perbedaan, dimana dengan thitung> ttabel yaitu 4,014 > 2,024 berarti Ha diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Nur Fauziah Siregar
Keywords: Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD); hasil belajar; akidah akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2021 02:22
Last Modified: 05 Feb 2021 02:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6390

Actions (login required)

View Item View Item